Minggu, 21 September 2008

Analisis Kondisi Saham Perusahaan Duta Pertiwi Tbk

Profil Perusahaan

PT Duta Pertiwi Tbk merupakan perusahaan yang berdiri sejak tanggal 29 Desember 1972. Perusahaan tersebut beralamat pada Gedung ITC Lantai 7 AND 8 Jalan Mangga Dua Raya, Jakarta, telp (021) 6019788, fax 021 – 601 855. PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI), pengembang dengan diversifikasi usaha yang lengkap mulai dari proyek komersial berupa pengembangan sarana bisnis terpadu, perumahan, gedung perkantoran dan hotel, tercatat pada PT Bursa Efek Jakarta dan PT Bursa Efek Surabaya sejak November 1994. Proyek komersial yang dimiliki tersebar pada daerah pusat bisnis Jakarta sedangkan proyek perumahan yang dikembangkan terletak strategis dekat dengan jalan lingkar luar Jakarta.

Analisis Kondisi Saham Perusahaan










o Rerata pada saat harga pembukaan
Rerata pada saat harga pembukaan merupakan rata-rata dari keseluruhan harga saham perusahaan saat pembukaan selama periode tertentu. Berdasarkan data harga saham pembukaan yang telah diketahui maka dapat diperoleh rerata harga saham pembukaan PT Duta Pertiwi Tbk yaitu sebesar Rp.985,132.
o Rerata pada saat harga penutupan
Rerata pada saat harga penutupan merupakan rata-rata dari keseluruhan harga saham perusahaan saat penutupan selama periode tertentu. Berdasarkan data harga saham penutupan yang diketahui, maka dapat diperoleh rerata harga saham penutupan PT Duta Pertiwi Tbk yaitu sebesar Rp.986,382.
o Standar Deviasi pada saat harga pembukaan
Berdasarkan data harga saham saat pembukaan PT Duta Pertiwi Tbk selama periode 2 Januari 2008 sampai dengan 12 September 2008 dapat diperoleh standar deviasi yaitu sebesar 1,351.
o Standar Deviasi pada saat harga penutupan
Demikian pula dengan standar deviasi pada saat harga penutupan hampir sama dengan standar deviasi pada saat harga pembukaan. Berdasarkan data harga saham saat penutupan PT Duta Pertiwi Tbk selama periode tersebut standar deviasi yang terjadi adalah sebersar 1,352.
o Harga tertinggi
Berdasarkan data harga saham PT Duta Pertiwi Tbk selama periode 2 Januari 2008 sampai dengan 12 September 2008 harga saham tertinggi mencapai Rp.1200 per lembar.
o Harga terendah
Berdasarkan data tersebut juga dapat diketahui harga terendah dari harga saham PT Duta Pertiwi Tbk selama periode tersebut yaitu sebesar Rp.700 per lembar.

• Rerata volume perdagangan harian
Berdasarkan data harga saham selama periode 2 Januari 2008 sampai dengan 12 September 2008 PT Duta Pertiwi Tbk mampu menjual saham sebanyak 9.477.500 lembar saham dengan rerata volume perdagangan harian sebesar 62.351,98 lembar.

• Analisis grafik pergerakan harga saham dan volume perdagangan
Pergerakan saham pada PT. Duta Pertiwi dapat dilihat dari grafik harga pembukaan saham, harga penutupan saham serta volume perdagangan harian saham.




Berdasarkan data grafik di atas maka diperoleh informasi bahwa selama periode 2 Januari 2008 sampai dengan 12 September 2008 harga saham pada saat pembukaan yang diperdagangkan oleh perusahaan mengalami fluktuasi, yang pada awal periode harga pembukaan sedikit demi sedikit mengalami peningkatan, namun pada bulan Juni hingga akhir periode mengalami penurunan, namun pada tanggal 14 dan 15 agustus mengalami kenaikan kembali.




Berdasarkan grafik harga saham pada saat penutupan di atas menunjukkan hal yang hampir sama dengan harga saham pada saat pembukaan. Selama periode tersebut harga saham pada saat penutupan tidak jauh berbeda dengan harga saham pada saat pembukaan. Perbedaan yang terjadi hanya sebagian kecil saja, sehingga hal tersebut juga menyebabkan grafik yang dihasilkan juga hampir menyerupai dengan grafik dari harga saham pada saat pembukaan. Berdasarkan grafik di atas harga saham pada saat penutupan juga mengalami penurun pada 6 Juni 2008 hingga akhir periode, namun pada tanggal 14 dan 15 agustus mengalami kenaikan kembali.


Berdasarkan data grafik di atas dapat dilihat yaitu selama periode 2 Januari 2008 sampai dengan 12 September 2008 PT Duta Pertiwi Tbk mampu menjual saham sebanyak 9.477.500 lembar saham dengan rerata volume perdagangan harian sebesar 62.351,98 lembar. Namun berdasarkan data secara keseluruhan penjualan saham perusahaan selama periode tersebut dapat dikatakan kurang baik, karena dari waktu ke waktu penjualan saham mengalami fluktuasi yang semakin menurun. Bahkan pada akhir-akhir periode yaitu mulai dari 12 Juni 2008 hingga akhir periode hampir seluruhnya tidak terdapat perdagangan saham sama sekali atau 0 ( nol ). Tentu hal tersebut dapat berpengaruh terhadap perkembangan atau pertumbuhan perusahaan yang bersangkutan. Dengan adanya keadaan yang demikian maka pertumbuhan perusahaan akan tidak dapat berjalan dengan baik.
Berdasarkan ketiga grafik di atas menunjukan bahwa pergerakan harga saham dan volume perdagangan PT Duta Pertiwi Tbk mengalami penurunan dan hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya saham yang diperdagangkan selama bulan-bulan terakhir selama periode tersebut. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada penurunan dari pemegang saham untuk kembali berinvestasi pada PT Duta Pertiwi Tbk. Sehingga hal ini jelas akan menghambat perkembangan dan pertumbuhan dari perusahaan tersebut

Kesimpulan

Berdasarkan analisis di atas dapat dilihat bahwa pergerakan harga saham dan volume perdagangan harian PT Duta Pertiwi Tbk pada bulan-bulan terakhir mengalami penurunan, bahkan selama waktu tersebut tidak terdapat penjualan sama sekali. Selain itu standar deviasi yang tinggi menyebabkan para pemegang saham menjadi enggan untuk berinvestasi terhadap perusahaan tersebut. Sehingga apabila hal tersebut masih berlanjut akan memungkin perusahaan tersebut tidak dapat berkembang dengan baik.

Tidak ada komentar: